Saturday 5 November 2016

Data Diri

Nama Lengkap
Farhan Baehaki
 
Tempat, Tanggal Lahir
Tangerang, 4 Maret 1991

Alamat
Kp. Cicarita RT. 02 RW. 17 Ds. Ciwaruga Kec. Parongpong Kab. Bandung Barat

Email
farhanbaehaki71@gmail.com
farhan_baehaki71@student.upi.edu

Alamat blog
farhan-baehaki.blogspot.co.id

Agama
Islam

Kewarganegaraan
Indonesia

Hobi
Sepak bola, badminton, hiking, dan camping
                                                                                                                         

Riwayat Pendidikan Formal dan Prestasi

Penulis mulai masuk dalam pendidikan formal pada tahun 1997 di SDN 2 Sukasono, Garut. Selama menjalani pendidikan dasar, prestasi yang telah diraih adalah:
1.  juara umum dengan nilai terbaik secara berturut-turut dari kelas 1 hingga kelas 6
2.  juara 2 lomba menyanyi lagu daerah (pupuh) tingkat kecamatan

Pada tahun 2003, penulis melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah pertama di SMP N 1 Cibatu, Garut. Selama pendidikan di tingkat SMP, penulis tidak terlalu aktif baik dalam prestasi maupun organisasi.

Pada tahun 2006, penulis melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di SMA N 1 Cibatu, Garut. Saat menjalani pendidikan di SMA, penulis sangat aktif di berbagai organisasi sekolah seperti OSIS, pramuka, ROHIS, dan radio.
  1. OSIS : menjabat sebagai wakil ketua II.
  2. Pramuka : menjabar sebagai Pradana Putra
  3. ROHIS : anggota
  4. Radio : penyiar
Pada tahun 2010, penulis melanjutkan pendidikan program sarjana di Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Lampung, Bandar Lampung. Penulis juga sempat aktif di beberapa komunitas mahasiswa, seperti pencinta alam, dan himpunan. Selain itu, penulis juga pernah menjadi asisten praktikum untuk mata kuliah Kimia dasar, Dasar-Dasar Kimia Analitik, dan Dasar-Dasar Pemisahan Analitik, dan sekaligus menjabat sebagai Laboran Teknisi di Laboratorium Pembelajaran Kimia FKIP Universitas Lampung. Prestasi yang berhasil dicapai saat pendidikan di Universitas Lampung diperoleh dalam bidang olahraga, yaitu juara 2 kompetisi futsal tingkat Jurusan (PMIPA). Selain itu, penulis juga berhasil menyelesaikan studi selama 3,6 bulan dengan predikat Cumlaude dan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan pada bulan Juni 2014.

Setelah menyelesaikan pendidikan program sarjana, pada tahun yang sama, tahun 2014, penulis langsung melanjutkan pendidikan program master (S2) di Program Studi S2 Pendidikan Kimia, Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Penulis juga sempat aktif di Forum Komunikasi Mahasiswa Pascasarjana UPI. Pendidikan Master (S2) dapat diselesaikan selama 2 tahun dengan predikat Cumlaude. Selama pendidikan di UPI, penulis pernah menjadi presenter di International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education (MSCEIS) tahun 2016.
                                                                                                                          

Penelitian yang Pernah Dilakukan
  1. Pengembangan Instrumen Assessment Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Penelitian ini dilakukan ketika penulis sedang menyelesaikan program sarjana (S1) di Universitas Lampung. Hasil penelitian dapat dilihat disini atau disini.
  2. Pengembangan dan Validasi Tes Pilihan Ganda Berbasis Penalaran untuk Mengukur Penguasaan Materi Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini dilakukan ketika penulis sedang menyelesaikan program master (S2) di Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
                                                                                                                          

Pengalaman-Pengalaman
Selama menyelesaikan studi, penulis memiliki pengalaman sebagai berikut.
  1. Asisten Praktikum untuk Mata Kuliah Kimia Dasar, Dasar-Dasar Kimia Analitik, dan Dasar-Dasar Pemisahan Analitik
  2. Januari 2013 - Juni 2014 : Laboran Teknisi di Laboratorium Pembelajaran Kimia, FKIP Universitas Lampung.
  3. Juli 2015 - Juni 2016 : Pengajar Kimia di Bimbingan Belajar Warna.
  4. Januari - Maret 2016 : Tenaga Pendidik Mata Pelajaran Kimia di SMA Trinitas, Bandung.
  5. Januari 2016 - sekarang : Tenaga Pendidik Mata Pelajaran Kimia di SMK Kiansantang, Garut.
  6. Oktober 2016 : Presenter di International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education (MSCEIS), JICA, Universitas Pendidikan Indonesia.

No comments:

Post a Comment