Sunday 13 November 2016

Berburu Jurnal Internasional "Pendidikan" di ERIC

Bagi para mahasiswa, dosen ataupun peneliti, tentu informasi-informasi pendukung kajian penelitian yang akan dilakukan sangat diperlukan. Sumber informasi pendukung dapat kita peroleh dari buku, surat kabar, jurnal (nasional dan internasional), dan lain-lain sesuai dengan aturan yang berlaku. Dari berbagai sumber tersebut, biasanya jurnal internasional merupakan sumber yang wajib dihadirkan untuk memperkuat kajian dalam penelitian. Jurnal internasional dapat kita peroleh secara online, hanya tinggal membuka situsnya kemudian download. Ada banyak penyedia jurnal secara online seperti ACS Publications, Royal Society of Chemistry, Elsevier, AAAS, dan lain-lain. Saking banyaknya kita akan merasa kesulitan untuk mencari jurnal yang diinginkan karena harus membuka situsnya satu-satu.

Untuk memudahkan biasanya kita menggunakan mesin pencari. Dengan hanya memasukan kata kunci, maka keluarlah jurnal-jurnal yang berkaitan dengan kata kunci yang dimasukkan tadi. Cara termudah biasanya dengan menggunakan mesin pencari Google Scholar, namun berdasarkan pengalaman saya ketika berburu jurnal internasional, cara ini kurang efektif. Ada banyak mesin pencari yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan dalam perburuan, salah satunya adalah mesin pencari yang akan saya bahas pada postingan ini, yaitu mesin pencari ERIC.

ERIC merupakan mesin pencari yang dapat digunakan untuk memperoleh jurnal internasional dengan kajian penelitian khusus di bidang pendidikan, baik sosial maupun sains. ERIC dapat menyajikan jurnal bidang pendidikan secara online dari berbagai sumber, seperti ACS Publications, Royal Society of Chemistry, Elsevier, AAAS, dan lain-lain. Dan berdasarkan pengalaman saya, penggunaan ERIC ini sangat efektif dan lengkap. Sehingga sangat membantu saya ketika menyelesaikan karya ilmiah seperti tesis.

Sekarang kita bahas bagaimana penggunaan mesin pencari ERIC dalam berburu jurnal. Oke langsung saja saya jelaskan selangkah demi selangkah.

Langkah 1: Akses situs www.eric.ed.gov (lihat tanda kotak merah), sehingga akan muncul tampilan seperti ini.

Langkah 2: Masukan kata kunci jurnal yang diinginkan dalam Bahasa Inggris pada kolom pencarian. Sebagai contoh saya masukan kata kunci "reasoning".  Kemudian klik "Search", maka akan muncul jurnal-jurnal yang berkaitan dengan kata kunci yang kita masukan.



Langkah 3: Agar hasil pencarian menjadi lebih spesifik, di halaman ERIC terdapat menu untuk memudahkan dalam menemukan jurnal yang kita inginkan. Pada gambar di bawah, kotak berwarna merah di sebelah kiri merupakan menu di dalam ERIC yang dapat digunakan agar hasil pencarian menjadi lebih spesifik. Kita dapat memilih hasil sortir jurnal berdasarkan tahun penerbitan, penulis, sumber jurnal, tingkatan pendidikan, dan sebagainya tergantung bagaimana kita ingin menyortir hasil pencarian ERIC. Sedangkan pada kotak berwarna hijau terdapat hasil pencarian dari mesin pencari ERIC.

Dengan 3 langkah tersebut, kita dapat menemukan jurnal yang diinginkan secara efektif. Namun, perlu ditekankan bahwa tidak semua jurnal yang ditayangkan pada laman ERIC adalah gratis, bahkan hampir seluruhnya berbayar. Sebenarnya ada trik untuk memperoleh jurnal berbayar secara gratis. Namun, untuk menghargai hasil karya seseorang maka saya tidak akan memposting pembahasan mengenai hal tersebut. Tapi, jika berminat untuk mempelajari trik tersebut bisa hubungin saya secara langsung atau melalui email. Ok, silakan selamat mencoba berburu jurnal internasional!

No comments:

Post a Comment